Senin, 11 Juni 2012

Saya Sering Sakit....Saya Mau Menyalahkan..!

Sudah beberapa bulan ini saya bekerja di sebuah perusahaan. Yah, cukup saya nikmati. Sebenarnya saya tidak mau mencurigai, tapi ini yang saya rasakan. Saya hanya mau mencoba menuliskan apa yang saya rasakan.

Sebelumnya, meskipun gemuk, tapi saya sehat walafiat dan jarang sakit. Setelah beberapa bulan bekerja di tempat itu, sebulan sekali kok pasti ada saja waktu untuk sakit. Apa pemicunya? hmm mari dilihat satu-persatu.
Pertama, disediakan air minum di dispenser tapi seperti tidak pernah dibersihkan. Dulu sebelum saya masuk di kantor itu malah ada cerita kalau dispenser itu kemasukan kecoa dan masih tetap dipakai. Katanya sih nggak dicuci. hhmm karena tidak menyaksikan secara langsung ya masa bodoh saja. Beberapa kali saya minum dari situ kok beberapa kali pula saya sering batuk. Akhirnya sekarang saya bawa minum sendiri yang jelas kebersihannya. Ambil air dari dispenser kantor tuh cuma kalau mau bikin minum panas...itu pun bukan saya ambil dari dispenser yang pernah kemasukan kecoa...Masih ada beberapa dispenser kok...Saya pikir, kalau airnya panas, paling tidak kan kumannya berkurang....
Kedua, ruangan yang saya tempati sangat kotor. Meja saya pun juga berdebu. Kalau pun saya membersihkan meja saya tapi meja teman-teman saya tetep aja masih kotor. Kalau saja teman-teman juga membersihkan tapi ruangannya masih kotor. Petugas kebersihannya juga jarang membersihkan. Sekali membersihkan pun tidak maksimal. Hanya ngepel sambil lalu saja. Tak titeni, ini yg bikin saya sering bersin. 
Ketiga, dari pagi sampai sore, para karyawannya duduk di depan komputer. Kalau buat saya, kursi di kantor ini cukup kurang nyaman untuk karyawan kantoran. Kursi merah yang sering dipakai kalau ada acara resepsi itu lho. Menurut beberapa artikel yang saya baca, terlalu banyak duduk punya efek kurang baik bagi kesehatan. Kalau tak salah, beberapa efeknya adalah ttg kemampuan seksual, penyakit jantung, dan diabetes. Kalau saya search di google, tak ada satu pun artikel yang menganggap terlalu banyak duduk sebagai hal yang baik. Tak titeni, sejak saat itu, saya sering tak sehat. Mau olah raga sekeras apapun tapi kalo masih terlalu banyak porsisi duduknya ya akan berbahaya.
Keempat, saya kurang mengonsumsi sayur. Gaji saya tak seberapa. Kalau mau memilih menu juga susah. Mungkin memang kesalahan saya terlalu menyepelekan pola makan. Sebenarnya mau tak mau tetap harus saya sempatkan memilih makanan. Di kantor pun ada jatah makan siang yang sudah disiapkan kantor. Selain menunya itu-itu saja dan kurang menarik, kuotanya pun kadang kurang banyak. Setiap istirahat jam makan, saya harus adu cepat dengan kawan-kawan lainnya. Siapa cepat dia dapat. Kalau tidak dapat jatah ya mood kerja rusak...hhmmm...
Kelima, saya jarang olah raga. Berangkat pagi pulang sore. Sampai rumah sudah lelah. Gimana mau olah raga?  Kadang kalau ada kerjaan sampingan ya sepulang kerja ya nggarap kerjaan sampingan. Pikiran saya jadi terarah ke kerja dan kerja. Keinginannya cuma mau mencukupi kebutuhan materi. Sebenarnya saya tetap harus menyempatkan diri berolah raga.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar