Jumat, 13 Januari 2012

Ngawul, Berburu Pakaian Bekas di Sekaten


Pasar Malam Perayaan Sekaten, atau oleh masyarakat sekitar akrab disebut dengan “Sekaten”, event budaya yang diadakan rutin di Alun-alun utara Kota Yogyakarta setiap tahun oleh Pemprov DIY ini menurut kalender Jawa dilaksanakan pada tanggal 5 bulan maulud. Acara ini dimaksudkan untuk memperingati maulud Nabi Mohammad SAW, juga sebagai syi'ar agama Islam pada waktu Sultan HB I dengan mengemasnya dalam berbagai pertunjukan dan pasar rakyat yang memasarkan souvenir dan kerajinan tangan lainnya.

Sekaten akan berlangsung selama 1 bulan penuh, dimulai pada tanggal 28 Desember 2011 sampai 5 Februari 2012. Tema PMPS kali ini adalah 'Harmoni Ekonomi, Budaya, dan Religi'. Sekaten tahun ini tak ada penarikan retribusi tiket (gratis) bagi para pengunjung.

Sekaten akan berlangsung selama 1 bulan penuh, dimulai pada tanggal 28 Desember 2011 sampai 5 Februari 2012 dan bertempat di Alun-alun Utara Kraton Yogyakarta. Dalam pasar malam sekaten ini, terdapat banyak sekali pilihan belanja dan hiburan permainan. Jajanan pasar, ratusan pilihan kuliner, aneka fesyen, barang-barang unik, serta yang paling diburu masyarakat Yogyakarta biasanya adalah “awul-awul”. Itu adalah istilah untuk penjual pakaian bekas sisa eksport. Dari anak muda hingga orang tua, baik siang, sore atau malam mereka akan “ngawul” (istilah untuk berburu pakaian bekas sisa eksport) sampai menemukan pakaian dan harga yang cocok. Jika beruntung, hanya dengan harga mulai dari 5000 sampai 50. 000, anda bisa mendapatkan pakaian keren yang berkualitas. Murah bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar